December 05, 2014

Kesalahan Yang Sering Orang Lakukan di Sosial Media


asmi.asia - Sosial Media / Sosmed / Media Sosial / Jejaring Sosial memang tempat yang paling menyenangkan. Banyak yang bisa kita lihat, mulai dari yang biasa sampai yang luar biasa. Dari yang normal, sampai yang abnormal. Hehe. Media sosial memang memiliki beberapa dampak positif seperti memperluas jaringan teman, mempermudah dalam berkomunikasi, dan sebagainya. Namun tahukah sobat bahwa media sosial juga memiliki dampak negatif? Selain menjadi malas berinteraksi langsung, orang yang terlalu sering bermain media sosial juga akan kehilangan kemampuannya untuk melakukan interaksi dengan orang secara langsung. Mulai dari tingkahnya yang mulai aneh, pembicaraan yang diluar sambungan, dan sebagainya. Pernah melihat orang seperti ini? Mungkin saya sendiri salah satunya. Hehe.

Bicara soal sosial media, pasti gak jauh-jauh sama yang namanya facebook. Karena facebook sendiri termasuk salah satu sosial media yang paling banyak digunakan orang pada zaman ini. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai yang tua. Facebook sebenarnya sangatlah bagus jika dapat dimanfaatkan dengan baik. Contohnya untuk mencari pengunjung blog (sering saya lakukan), ataupun mempromosikan jasa yang bisa kita tawarkan untuk orang lain. Tidak jauh dari itu, facebook juga sangat dekat dengan hal-hal negatif. Contohnya seperti penyalahgunaan akun yang membuat seseorang menjadi buruk dimata orang lain. Berikut ini saya merangkum beberapa kesalahan yang sering orang lakukan di sosial media.

1. Mengupdate Status "Sendirian di Rumah"

Ini sering kita temukan diberanda facebook kita. Banyak teman-teman kita yang sering memposting status tentang keadaan rumahnya. Padahal ini sangatlah berbahaya karena dapat membuka kesempatan para kriminal dan mengundang segala bentuk kejahatan. Saya sarankan teman jangan lagi mempost status yang seperti ini : "DuuCh, s3nd1ri l9 dech di rum4h.." (perhatian : bila mata anda sakit, hubungi dokter)

2. Memberikan Password Pada "Orang yang Dicintai"

Saya pribadi tidak begitu mengerti pacaran zaman sekarang. Semua privasi harus dibuka, termasuk password akun facebook. Kalo tidak diberikan, maka pasangan akan marah dan mengancam akan mengakhiri hubungan. Menurut saya pribadi, kalo memang dia benar mencintai sobat, seharusnya dia tidak akan memaksa anda untuk membuka privasi yang memang hak pribadi sobat sepenuhnya. Jika dia memangmencintai sobat, dia tidak mungkin membahayakan sobat untuk hal seperti itu. Akibat dari pemberian password ini sendiri adalah, saat hubungan berakhir, maka si-mantan akan memiliki kesempatan untuk mengacak-ngacak isi facebook sobat. Jadi berhati-hatilah. Katakan saja bahwa ada beberapa hal privasi yang memang tidak bisa dibagikan.

3. Berkata Kasar

Perkataan adalah cerminan sifat seseorang. Jika saat mengupdate status kita sering menggunakan kata-kata yang tidak selayaknya didengarkan/dibaca/dilihat oleh orang lain, sudah sebaiknya kita hentikan. Hal itu hanya akan memperburuk pandangan orang lain kepada kita. Mungkin kita memang marah pada suatu hal, sampai kita ingin meluapkannya. Namun media sosial bukanlah tempat yang tepat. Redam amarah tersebut lewat dzikir, shalat, hingga berpuasa. Ini akan melatih kita untuk menjadi orang yang lebih sabar.

Sosial Media tidaklah berbahaya selama kita menggunakannya dengan bijak. Dari uraian diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa semua hal positif dan negatif dari media sosial, tergantung kita yang memutuskannya. Bukanlah orang lain, namun mulai dari diri kita sendiri. Semoga kita termasuk orang-orang yang menghargai sesama dan diri sendiri. Aamiin.

Jika sobat ingin menanggapi tentang artikel ini, sobat bisa langsung tuliskan dikolom komentar dibawah. Terima kasih sudah menyimak.

Artikel Terkait

Kesalahan Yang Sering Orang Lakukan di Sosial Media
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email