March 07, 2015

Apakah Benar Hidup Ini Tidak Adil


asmi.asia - Banyak hal dalam hidup ini yang mungkin tidak sejalan dengan keinginan kita. Sulit memang untuk menerima nya, namun apakah benar jika hidup tidak sejalan dengan keinginan kita berarti hidup ini tidak adil? Apakah hidup ini harus terus sejalan dengan kita sehingga kita dapat menerima bahwa hidup ini adil?

Kita belajar keras semalaman untuk ujian besok, saat ujian tiba, ada teman kita yang minta jawaban (nyontek) dengan kita . Kita memberinya contekan karena dia teman dekat kita, lalu saat pengumuman nilai keluar, nilai dia lah yang jauh lebih tinggi daripada nilai kita. Hidup ini tidak adil kah?

Sekilas memang terlihat tidak adil karena pada kasus diatas dia yang hanya menyontek saja bisa memperoleh nilai yang lebih tinggi daripada yang dicontek, tanpa usaha sedikitpun. Jika kita menganggapnya seperti itu, sebenarnya kita salah. Nilai, rangking, peringkat, bahkan IP tidak dapat menentukan seseorang bahwa dia sudah belajar. Semua bisa saja mendapatkan nilai bagus, bahkan tanpa belajar (contohnya seperti menyontek). Namun apakah orang yang menyontek itu mendapatkan manfaat untuk dirinya selain mendapatkan nilai bagus? Jawabannya tidak. Malahan dia akan semakin malas, karena terus bergantung dengan orang lain. Rasa mandiri nya akan hilang, dia akan terus menyontek dengan temannya. Kemampuan menalarnya pun akan terus berkurang, sehingga membuat kualitas dirinya terus berkurang.

Berbeda dengan orang yang belajar semalaman. Jika kita menulusuri lebih dalam terlepas dari nilai yang didapatkan, sebenarnya orang belajar itu telah mengembangkan dirinya menjadi lebih baik. Dia membaca, menambah wawasannya, tidak disadari dia telah menambah pelajaran baru dalam pengetahuannya. Kualitas dirinya terus meningkat, dan akan terus terlatih. Dia juga mandiri, sehingga tidak harus bergantung pada orang lain. Orang yang belajar akan menjadi kuat, dan akan terbiasa mandiri. Kemampuan nya terus terasah, rasa percaya dirinya tinggi. Dan semua itu tidak bisa dilihat dari nilai yang ditulis di rapor, KHS, atau apapun itu. Semua itu akan langsung terlihat di orangnya. Bukan dikertas.

Setelah membaca uraian diatas, lebih untung manakah?

Orang yang menyontek, yang mendapatkan nilai bagus. Namun kualitas dirinya menurun.
Atau orang yang belajar, yang mendapatkan nilai jelek. Tapi kualitas dirinya meningkat.

Apakah nilai di rapor, KHS, atau apapun itu yang kita dapatkan dari menyontek akan mengembangkan diri kita? Tidak sama sekali. Justru akan membuat kita lemah. Kita akan terus bergantung dengan orang lain, tanpa mempercayai kemampuan diri sendiri. Rasa percaya diri kita akan hilang. Tuhan sebenarnya sudah mengatur semuanya, sehingga membuat hidup ini sebenarnya adil. Kita memang tidak memperoleh nilai yang bagus, namun manfaat yang kita dapat jauh lebih berarti daripada nilai. Berbeda dengan orang yang menyontek, yang hanya mendapatkan nilai bagus, namun dirinya akan menjadi semakin buruk. Jadi, jangan lagi mengeluh bahwa hidup ini tidak adil. Sebenarnya hidup ini adil, hanya kita perlu memandangnya sedikit lebih ikhlas. :)

Artikel Terkait

Apakah Benar Hidup Ini Tidak Adil
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email